JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER
1.A. PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI ; adalah Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis
B.DEFENISI TEKNOLOGI INFORMASI ; Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996)
Teknologi informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (Williams dan Sawyer, 2003)
C. Kegiatan Yang terjadi dalam Teknologi Informasi
a. record
b. store
c. proses
d.retrieve
e.transmit
f. receive
D. UNSUR YANG TERGABUNG DALAM TI ;Teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh, termasuk dalam kategori ini adalah
telepon, radio, dan televisi
E. KEUNTUNGAN DARI TI Karena TI memiliki efek besar dan dampak signifikan
Struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegiatan sangat dipengaruhi oleh TI
TI mempengaruhi banyak aspek pekerjaan/organisasi
TI DIPERLUKAN KARENA;
- Kompleksitas tugas manajemen
- Pengaruh globalisasi
- Perlunya response time cepat
- Tekanan persaingan
2. Hardware (Perangkat Keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah
A.Piranti masukan (input device)
berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer
Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti system computer.
Contoh piranti masukan:
1. KEYBOARD
- untuk masukan berbentuk teks
- Kelemahan: keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna
- Tombol pada keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian : Tombol Fungsi (function key), Tombol Alphanumerik (alphanumeric key), Tombol Kontrol (control key) , dan Tombol Numerik (numeric key)
2. AUDIO
- Mikropon
- Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik
- Automatic Speech Recognition (ASR)
3.POINTING DEVICE
• Piranti ini dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur
• Piranti penunjuk ini meliputi: joystick, trackballs, dan mouse
• Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dapat dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret (dengan menekan tombol mouse)
4. MOUSE
5. JOYSTICK
6.LIGHT PEN
7.TRACKBALL
8.DIGITIZING TABLET
9.TOUCH SCREEN
10.MULTI-TOUCH INTERACTION
11.SCANNER
12.ALTERNATIVE INPUT DEVICES :- DIGITAL CAMERA
-VIDIO CONFERENCING
-DIGITAL VIDIO
-WEB CAM
13.VIRTUAL REALITY GLOVE
B.Piranti Keluaran (Output Device)
1. VISUAL OUTPUT : TEXT, GRAPHICS, AND VIDIO
2 AUDIO OUTPUT : SOUND, MUSIC, AND SYNTHESIZED SPEECH
3.MONITOR :TABUNG (CRT) CHATODE-RAY TUBE
DATAR (LCD) LIQUID CRYSTAL DISPLAY
4. PRINTER :-IMPACT PRINTER
-NON IMPACT PRINTER :-INKJECT , LASER
-MULTY FUNCTION PRINTER
-PLOTTER
3. Software (perangkat lunak)
Program yang berisi instruksi2 untuk proses pengolahan data
Mesin yang memprosecs data menjadi informasi dan
Meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah
perangkat lunak bagian dari computer yang berperan dalam memproses data atau memecahkan maasalah.
Definisi Operating System (OS)
*adalah sebuah program penghubung antara user komputer dengan hardware
komputer yang terdiri atas kumpulan program yang dibuat oleh vendor dengan
memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware
*OS berdasar pada American National Standard Institute (ANSI):
Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu
dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan
output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta
pelbagai bentuk layanan yang terkait
PROGRAM aPLIKASI
1. Program yang digunakan khusus untuk tujuan tertentu
2. Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik
JENIS-JENIS SOFTWARE
Software Komersial
Bertujuan untuk dijual dan ada hak cipta
Software Domain-Public
Sifatnya gratis dan berupa source code
Shareware
Digunakan untuk evaluasi dan tanpa source code,
ada hak cipta dan ada yang tidak ada
Rentalware
Disewakan dan ada hak cipta
Free Software
Dilengkapi dengan source code dan
bersifat gratis/membayar dengan sangat murah
Freeware
Bersifat gratis dan tanpa source code, bertujuan menarik peminat untuk membeli versi lanjutannya
Open Source
Hampir sama dengan Free Software, hanya beda dalam hal filosofi dan terdapat hak-hak
untuk pemakai, antara lain:
• Hak untuk membuat salinan program dan men-distribusikan salinan tersebut
• Hak untuk mengakses source code sebagai syarat untuk dapat melakukan pemodifikasian
• Hak untuk melakukan pengembangan program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar