Sabtu, 18 Desember 2010

RANGKUMAN TUGAS PTI 3 dan 4

RANGKUMAN pti  pertemuan 3
PIRANTI KOMPUTER
A.Piranti masukan (input device)
berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer
Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif,          pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan    cara yang dapat dimengerti system computer.
Pemilihan piranti masukan harus memberi kontribusi positif terhadap penggunaan sistem
*Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang     
  Pernah dilakukan                                                                                                *Sesuai dengan tugas yang akan dilakukan
*Sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungannya
Panduan Memilih Piranti
o   Pertimbangkan karakteristik dari user sekarang dan masa datang
o   Cocokkan karakteristik piranti masukan terhadap persyaratan yang diminta
o   Pertimbangkan penelitian sebelumnya dan unjuk kerja user
o   Ujilah piranti masukan didalam lingkungan kerja
o   Optimumkan sifat-sifat piranti yang mudah dimodifik
     Kategori Piranti Masukan
   1.  KEYBOARD
§   untuk masukan berbentuk teks
§  Kelemahan:  keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna 
§  Tombol pada keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian : Tombol Fungsi (function key), Tombol Alphanumerik (alphanumeric key), Tombol Kontrol (control key) , dan Tombol Numerik (numeric key)
2. AUDIO
§  Mikropon
§  Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik
§  Automatic Speech Recognition (ASR)
3.POINTING DEVICE
         Piranti ini dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur
         Piranti penunjuk ini meliputi: joystick, trackballs, dan mouse
         Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dapat dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret (dengan menekan tombol mouse)
4. MOUSE
5. JOYSTICK
6.LIGHT PEN
7.TRACKBALL
8.DIGITIZING TABLET
9.TOUCH SCREEN
10.MULTI-TOUCH INTERACTION
11.SCANNER
12.ALTERNATIVE INPUT DEVICES :- DIGITAL CAMERA
                                                            -VIDIO CONFERENCING
                                                            -DIGITAL VIDIO
                                                            -WEB CAM
13.VIRTUAL REALITY GLOVE                           

B.Piranti Keluaran (Output Device)
    1. VISUAL OUTPUT : TEXT, GRAPHICS, AND VIDIO
    2  AUDIO OUTPUT  : SOUND, MUSIC, AND SYNTHESIZED SPEECH
    3.MONITOR             :TABUNG (CRT) CHATODE-RAY TUBE
                                       DATAR (LCD) LIQUID CRYSTAL DISPLAY
    4. PRINTER              :-IMPACT PRINTER
                                       -NON IMPACT PRINTER :-INKJECT , LASER
                                       -MULTY FUNCTION PRINTER
                                       -PLOTTER

PERTEMUAN 4
COMPUTER SYSTEM
A.     Software (perangkat lunak)
Program yang berisi instruksi2 untuk proses pengolahan data

Mesin yang memprosecs data menjadi informasi dan
Meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah
 perangkat lunak bagian dari computer yang berperan dalam memproses data atau memecahkan maasalah.

Mesin tidak dapat melakukan tugas apbbila tidak di dukung oleh perangkat lu nak

PROGRAM
-Deretan instruksi  yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga
 dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki
-Di buat oleh vendor perangkat lunak

COMPUTER SOFTWARE   : A. SYSTEM SOFTWARE
                                            B.  APPLICATION SOFTWARE

Definisi Operating System (OS)
*adalah sebuah program penghubung antara user komputer dengan hardware
  komputer yang terdiri atas kumpulan program yang dibuat oleh vendor dengan
  memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware

*OS berdasar pada American National Standard Institute (ANSI):
  Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu
  dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan
  output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta
 pelbagai bentuk layanan yang terkait

Tujuan  Operating system
1.      Menyediakan atau menyiapkan kondisi agar pengguna dapat menjalankan program
2.      Untuk menggunakan hardware komputer  secara efisien

Tiga fungsi Operating system
1.      Managemen proses
2.      Managemen sumber daya
3.       Managemen data

LINUX
      Linux merupakan turunan dari sistem operasi UNIX
      Linux adalah sistem operasi berbasis GPL (General Public Licence) yang berarti dapat dikopi secara bebas tanpa harus membayar kepada pemegang lisensi, dengan catatan source code harus selalu disertakan dalam penyebarannya.
      Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki tahun 1991 di Finlandia
      Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX, tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memiliki kemampuan yang sejajar dengan sistem operasi komersial lainnya.

Utility Program
System software yang menjalankan tugas-tugas maintenance, umumnya disebut Utility Program
File Manager
Menjalankan fungsi-fungsi seperti melakukan copy, memberi nama, menghapus, dan memindah file. Image viewer menampilkan isi dari file gambar ketika user melakukan double click
Personal Firewall
Mendeteksi dan mengamankan personal computer dari instruksi-instruksi yang tidak dikenal (unauthorized instructions)

Uninstaller
Menghapus program yang ada di localdisk c:
Disk Scanner
Mendeteksi dan mengkoreksi masalah pada hard disk atau floppy disk dan mencari atau menghapus file-file yang tidak digunakan
Disk Defragment
Mengatur ulang file-file dan space yang tidak digunakan pada hard disk sehingga program dapat berjalan lebih cepat

JENIS-JENIS SOFTWARE
Software Komersial
Bertujuan untuk dijual dan ada hak cipta
Software Domain-Public
Sifatnya gratis dan berupa source code
Shareware
Digunakan untuk evaluasi dan tanpa source code,
ada hak cipta dan ada yang tidak ada
Rentalware
Disewakan dan ada hak cipta
Free Software
Dilengkapi dengan source code dan
bersifat gratis/membayar dengan sangat murah
Freeware
Bersifat gratis dan tanpa source code, bertujuan menarik peminat untuk membeli versi lanjutannya
Open Source
Hampir sama dengan Free Software, hanya beda dalam hal filosofi dan terdapat hak-hak
untuk pemakai, antara lain:
      Hak untuk membuat salinan program dan men-distribusikan salinan tersebut
      Hak untuk mengakses source code sebagai syarat untuk dapat melakukan pemodifikasian
      Hak untuk melakukan pengembangan program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar